1. Pelabuhan Talang Duku
Pelabuhan Talang Duku
Pelabuhan Talang Duku berada di Desa Talang Duku, Kecamatan Taman Rajo, Kabupaten Muaro Jambi. Terletak di tepi Sungai Batang Hari dengan jarak lebih kurang 7,5 mil laut dari Pelabuhan Jambi. Jenis kapal yang datang yaitu non feri, tidak mengangkut penumpang mengangkut batu bara, semen, keramik, tepung dan mie instan yang berasal dari pelabuhan Muara Sabak.

2. Pelabuhan Kuala Tungkal
Pelabuhan Kuala TungkalTerletak di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, berjarak ±110 km arah Timur Kota Jambi. Dermaga yang memiliki kapasitas sandar kapal hingga bobot 800 dwt ini, setiap harinya melayani lalu lintas hydrofoil (speed-boat) yang menghubungkan Kuala Tungkal (Jambi) dengan Batam, Tanjung Pinang dan kepulauan lainnya di Provinsi Kepulauan Riau. Dermaga ini juga merupakan tempat berlabuhnya nelayan pencari ikan di daerah yang terkenal dengan kontribusi hasil perikanan lautnya tersebut.

3. Pelabuhan Muaro Sabak
Pelabuhan Muaro Sabak
Terletak di Kapubaten Tanjung Jabung Timur (berjarak ±100 arah Timur Kota Jambi), merupakan dermaga laut terbesar di Provinsi Jambi, yang dapat disandari kapal berbobot hingga 5.000 dwt. Dermaga yang berhadapan dengan Selat Berhala yang terhubung lansung ke Selat Malaka ini, rencananya akan ditingkatkan hingga mampu disandari kapal yang berbobot hingga 15.000 dwt. Salah satu perusahaan yang menggunakan fasilitas area di dermaga ini adalah PetroChina International Jabung Ltd. yang Terminal 3 Asam Pipih dalam aktifitas operasional eksport LPG dan LNG mereka dari FPU ke kapal tanker di laut lepas. Dengan rampungnya pembangunan Jembatan Batanghari II, di Sijenjang, Kota Jambi, maka jarak tempuh dari Kota Jambi ke Dermaga Internasional ini nantinya akan semakin dekat.

4. Pelabuhan Nipah Panjang
Pelabuhan Nipah Panjang
Pelabuhan Nipah Panjang berada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan terletak di tepi Sungai Lokan.

0 komentar :

Posting Komentar

 
Top